U P (Film 2009)

Up adalah sebuah film animasi produksi Pixar Animation Studios yang didistribusikan oleh Walt Disney Pictures. Up diputar perdana pada 29 Mei 2009 dalam Cannes Film Festival, dan mencatat sejarah sebagai film animasi pertama yang diputar dalam acara tersebut.

Up berhasil memenangkan sangat banyak penghargaan, terutama pada bagian Film Animasi Terbaik dan Lagu Orisinil Terbaik. Up berhasil mengikuti jejak dua film pendahulunya, Ratatouille dan WALL-E yang mendapatkan banyak penghargaan, khususnya pada bagian Film Animasi Terbaik.Pada Penghargaan BAFTA, Up mendapatkan 4 nominasi untuk Best Sound, Best Original Screenplay, Best Animated Feature, dan Best Music, dan memenangkan dua yang terakhir.

Pada penghargaan besar lainnya, Penghargaan Golden Globe 2010, Up mendapatkan 2 nominasi untuk Film Animasi Terbaik dan Musik Orisinil Terbaik, dan memenangkan keduanya. Pada Penghargaan Grammy, Up berhasil membawa dua piala dari tiga nominasi. Pada penghargaan Annie, Up memperoleh sepuluh nominasi, dan memenangkan empat diantaranya, yaitu Film Animasi Terbaik, Musik Terbaik, Penyutradaraan Terbaik dalam Produksi Utama, dan Efek Animasi Terbaik.

Sutradara Pete Docter
Co-Director:
Bob Peterson
Produser Jonas Rivera
Executive Producers:
John Lasseter
Andrew Stanton
Penulis Skenario:
Bob Peterson
Pete Docter
Cerita:
Pete Docter
Bob Peterson
Thomas McCarthy
Pemeran Edward Asner
Christopher Plummer
Jordan Nagai
Bob Peterson
Delroy Lindo
Jeromy Ranft
John Ratzenberger
Elie Docter
Musik oleh Michael Giacchino
Distributor Walt Disney Pictures
Tanggal rilis 29 Mei 2009 (Amerika Serikat)
29 Juli 2009 (Indonesia)
Durasi 96 menit
Negara  Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $175 juta

Carl Fredricksen (Edward Asner) adalah bocah pendiam yang bersahabat dengan cewek Tomboybernama Ellie, yang ternyata sama-sama mengidolakan Charles Muntz, seorang penjelajah. Kemudian Carl dan Ellie menikah. Kehidupan mereka yang diperlihatkan tanpa adegan berbicara terlihat sangat bahagia, dengan musik yang ceria dan obsesi pertama mereka adalah memiliki anak. Setelah mempersiapkan segalanya, kenyataan berubah ketika Ellie dinyatakan oleh dokter .... Baca selengkapnya ....

Download filmnya ... Ada di sini ...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar